FAKTOR KESUKSESAN PESERTA DIDIK; INTERNAL, EKSTERNAL, TAZKIYAH DAN HAUQOLAH



 " FAKTOR KESUKSESAN PESERTA DIDIK; INTERNAL, EKSTERNAL, TAZKIYAH DAN HAUQOLAH "

Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.

Pada acara Irfani Graduation Day, KH Nonof Hanafi memaparkan 5 faktor kesuksesan peserta didik yaitu faktor orang tua, Guru, materi ajar, sarana prasarana dan faktor internal peserta didiknya. Semuanya punya andil untuk mencetak dan menumbuhkan kesholehan anak, karena menumbuhkan kesholehan dan ketaqwaan merupakan tujuan utama pendidikan.

Dr Andewi Suhartini, M.Ag membuat penelitian terkait faktor-faktor keberhasilan belajar menurut pemikiran al Ghazali dari berbagai kitab seperti Ihya Ulumiddin, Fatihatul Ulum dan Ayyuhal Walad. hasilnya ada 4 faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar yaitu kebersihan hati, ketekunan, pemahaman terhadap tujuan, materi pelajaran dan hubungan antara keduanya, kemudian hubungan antara pendidik dan peserta didik.

Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya mengidentifikasi 3 faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar yaitu 1)faktor raw input yakni faktor siswa itu sendiri 2) faktor environmental input yakni faktor lingkungan baik alami maupun sosial dan 3) faktor instrumental input yang didalammya terdiri dari kurikulum, program/bahan pengajaran, sarana dan fasilitas, guru/tenaga pengajar. Dari sekian pendapat terkait faktor kesuksesan peserta didik mengerucut pada 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal peserta didik. 

Ketika faktor eksternal tidak bisa kita kendalikan maka yang bisa kita lakukan adalah fokus memperbaiki internal. Dalam internal diri peserta didik ada sisi lahiriah dan batiniah, menurut para ulama dapat dipastikan ketika batiniah baik maka lahiriahnya pun akan baik. Dalilnya jelas hadits Rosul tentang Qolbu. Sehingga kalau merujuk pada trilogi Tilawah, Tazkiyah dan Ta'lim maka fokus utamanya pada sisi Tazkiah terlebih dahulu. Ini semua dalam rangka ikhtiar meskipun pada akhirnya Hauqolah yaitu lahaula wala quwwata illa billah, sukses atau tidaknya peserta didik ditentukan oleh Allah SWT.

Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis 30 Juni 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar