TASAWUF ITU APA SIH ?!


 TASAWUF ITU APA SIH?

Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.


Di dalam buku Pengantar studi tasawuf mengutip Abul Wafa al Taftazani dalam kitab madkhal ila tasawuf islami, tasawuf adalah falsafah hidup dan cara tertentu dalam tingkah laku manusia dalam upayanya merealisasikan kesempurnaan moral, pemahaman tentang hakikat realitas dan kebahagiaan rohaniah.


Menurut Syekh Abdul Qodir Jailani didalam kitab Sirrul Asror lafad tasawuf terdiri dari 4 huruf yaitu ta, shad, waw, dan fa. Huruf Ta diambil dari kata At Taubah atau tobat, huruf shad dari kata shafa artinya bersih, waw nya dari kata al wilayah hasil dari tashfiyah (pembersihan qalbu), sehingga seseorang mampu berakhlaq dengan akhlaq Allah SWT. Kemudian huruf fa dari lafad fana artinya peleburan diri pada Allah SWT.


Sedangkan menurut imam Al Ghazali dalam kitab Ayyuhal walad mengatakan bahwa tasawuf itu memiliki dua pilar, yaitu istiqamah bersama Allah dan harmonis dengan makhluk-Nya. Dengan demikian siapa saja yang istiqamah bersama Allah SWT, berakhlak baik terhadap orang lain, dan bergaul dengan mereka dengan santun, maka ia adalah seorang sufi.


Definisi manapun yang kita pakai pada akhirnya tasawuf bermuara pada perjalanan menuju Allah SWT, dan menurut kaum sufi ada 2 cara yang bisa kita lakukan yaitu Mulazamah dan Mukholafah. Mulazamah itu terus menerus berada dalam dzikir kepada Allah SWT dan mukholafah, terus menerus menghindarkan diri dari segala sesuatu yang dapat melupakan  Allah SWT, semoga kita diberi kemampuan untuk sampai kepada Nya...Ilahi anta maqshudi wa ridhoka mathlubi 'athini mahabbataka wa ma'rifataka...Amin Ya Allah Ya Mujibassailin.
 
27 Mei 2021 @Pesantren Raudhatul Irfan

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar