Pancasila, Al Qur'an dan Pedoman


 Pancasila, Al Qur'an dan Pedoman 


Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.


Hari ini Civitas SMPIT, SMAIT IQBS, Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis melakukan upacara peringatan hari lahir pancasila. Sebagaimana kita ketahui Pancasila mulai diperkenalkan pada sidang BPUPKI dan kemudian ditetapkan sebagai dasar negara republik Indonesia. Bagaimana kaitan pancasila dengan Al Qur'an? Nilai-nilai apa yang bisa kita jadikan pedoman? Coretan sederhana ini paling tidak akan menjawab 2 pertanyaan diatas.

KH Taufiqul Hakim didalam buku pancasila dan piagam madinah, dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, menuliskan keterkaitan pancasila dengan al Qur'an. Sila ke satu Ketuhanan yang Maha Esa selaras dengan QS An Nahl ayat 22, al baqarah ayat 163, dan al ankabut ayat 46. Sila ke dua kemanusiaan yang adil dan beradab selaras dengan QS an Nahl ayat 90, sila ke 3 persatuan Indonesia selaras dengan QS Ali Imron 103, sila ke empat selaras dengan QS Shod ayat 20, ali imron ayat 159, dan sila ke lima selaras dengan QS Al Maidah ayat 8, dan An Nisa ayat 135.

Intinya pancasila itu sudah berlandaskan nilai-nilai Al Qur'an. Sehingga saat ini bukan waktunya mendebatkan pancasila tapi harusnya saat ini menjadi momen muhasabah sudah sejauh mana pancasila kita jadikan pedoman dan kita amalkan. Upacara peringatan hari lahir pancasila mengingatkan kita akan progres pengamalan dasar negara kita.

Dalam konteks pendidikan, Draft Peta jalan pendidikan Indonesia 2020-2035 menjelaskan bahwa SDM yang unggul adalah pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berprilaku sesuai nilai-nilai pancasila. Karakter pelajar pancasila itu Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlaq mulia, kemudian mandiri, bernalar kritis, berkebinekaan global, bergotong royong dan kreatif. Sudahkan kita amalkan? Sudahkan pancasila dan al Qur'an betul-betul jadi pedoman?









Tidak ada komentar:

Posting Komentar