Motivasi, kebutuhan dan kepuasan

 Motivasi, kebutuhan dan kepuasan

Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.

        Islamic Human Capital Management atau Manajemen Sumber Daya Insani membahas satu bab khusus mengenai motivasi dan kepuasan kerja. Didalamnya dijelaskan mengenai beragam teori motivasi diantaranya, yang akan kita singgung pada tulisan kali ini, adalah McClelland's Theory of Needs dan teori ERG (Existence, Relatedness dan Growth).
        David McClelland menganalisis tiga kebutuhan manusia yang sangat penting didalam sebuah organisasi yaitu kebutuhan dalam mencapai kesuksesan (need for achievement), kebutuhan akan otoritas (need for power) dan kebutuhan untuk berafiliasi (need for affiliation). Kebutuhan yang ketiga berhubungan dengan motivasi untuk persahabatan dan mengenal lebih dekat rekan kerjanya.
        Adapun teori ERG menyebutkan ada tiga kategori kebutuhan individu yaitu eksistensi (existence), keterhubungan (relatedness) dan pertumbuhan (growth). Kita garisbawahi kebutuhan yang kedua yaitu relatedness dimana dalam teori ini kita memang mempunyai kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain yang bermanfaat seperti keluarga, sahabat termasuk rasa keterhubungan antar rekan kerja dalam sebuah organisasi.
        Kebutuhan untuk berafiliasi dan keterhubungan itulah yang melatarbelakangi kami membuat program social gathering pada hari ini. Tentu program tersebut dibungkus dengan niat untuk mempererat ukhuwwah antar sesama guru di SMPIT dan SMAIT Irfani Quranicpreneur Bilingual School. Kegiatan social gathering dimulai dengan santunan yatim, dilanjut dengan bersepeda atau gowes menuju tempat rekreasi sederhana namun penuh keceriaan.
        Kita juga memasukan sisi edukasi olah raga sunnah di dalamnya yaitu memanah dan berenang tidak lupa dengan makan-makan lengkap dengan foto-foto dan menikmati secangkir kopi agar motivasi tumbuh dalam hati yang menimbulkan kepuasan menjadi bagian dari pesantren Raudhatul Irfan. Intinya tidak perlu mewah karena terkadang ragam kegiatan sederhana justru membuat kita bahagia, kesederhanaan dalam kebersamaan akan memproduksi kebahagiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar