Apa dan mengapa OM?

Apa dan mengapa OM?

Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.

        Sekolah wirausaha IQBS chapter 5 akan membahas mengenai manajemen produksi dan operasi, apa sih OM itu? Kenapa kita mesti belajar OM? Jawabannya saya temukan salah satunya di buku Operation Management (OM) karangan Jay Heizer dan Barry Render. Buku warisan dari Bang Jamil Abbas sewaktu belajar di MBA IIUM.
        OM adalah activities that relate to the creation of goods and services through the transformation of inputs to output. kegiatan yang berhubungan dengan penciptaan barang dan jasa melalui transformasi input menjadi output.
        Mengapa kita harus belajar OM? Heizer dan Render memberi 4 alasan yaitu pertama OM adalah satu dari 3 fungsi utama dalam sebuah organisasi, kedua untuk mengetahui bagaimana barang dan jasa diproduksi,ketiga untuk memahami tugas dari manajer operasi, dan keempat karena it is such a costly part of an organization.
        Di chapter ke 5 ini kita akan membahas Ten OM strategi decisions yaitu design of goods and services, managing quality, process strategy, location strategies, layout strategy, human resource, supply chain management, inventory management, scheduling dan maintenance, bagaimana penjelasan detail mengenai point-point diatas? Dapatkan jawabannya di sekolah wirausaha IQBS Chapter 5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar