Metode Irfani, Mind Mapping dan Kitab Kuning


Metode Irfani, Mind Mapping dan Kitab Kuning

Penulis : Irfan Soleh

Sebagai pendidik, kita tentu berusaha mencari cara agar materi yang kita sampaikan mudah difahami oleh siswa juga santri. Metode Irfani hadir dalam rangka membantu santri memahami kitab kuning dengan cara mengkombinasikan metode bandungan dan sorogan juga sekaligus menambah keterampilan bahasa inggris karena kitab kuning metode irfani itu diterjemahkan kedalam bahasa inggris per kata. Ada satu lagi yang ingin kami tambahkan pada keunggulan metode irfani yaitu mind mapping. Apa yang dimaksud dengan mind mapping? Apa manfaat dari mind mapping? bagaimana cara membuat mind mapping dari kitab kuning yang kita kaji? Yuk kita bahas pada tulisan ini.

Andri Saleh (2008), mengungkapkan bahwa mind mapping adalah diagram yang dipakai untuk memvisualisasikan atau menggambarkan sebuah tema, ide, ataupun gagasan utama dalam sebuah materi pembelajaran. Sementara menurut Jensen dan Makowitz (2002)  mind mapping merupakan cara memvisualisasi verbal ke dalam visual atau gambar yang mana dapat mempermudah menyimpan, memperkuat, serta mengingat kembali suatu informasi yang telah dipelajari. Sehingga definisi mind mapping kitab kuning menurut penulis adalah cara untuk merangkum atau meringkas pembahasan kitab kuning baik dengan diagram, gambar, skema ataupun lainnya untuk memudahkan pemahaman dan mengingat materi pembahasan

Cara membuat mind mapping kitab kuning yang penulis lakukan disesuaikan dengan kitab apa yang dibahas misalnya ketika membahas kitab Alfiah Ibn Malik yang penulis lakukan adalah memahami bait syair alfiahnya kemudian merangkum beberapa syarah alfiah dan memasukan rangkuman tersebut kedalam poin-poin dan disajikan kedalam bentuk skema. Kemudian kalau mau membuat mind mapping kitab fathul mu'in maka kita matannya yaitu Qurrotul A'in bimuhimmatiddin agar kita bisa memahami maksud matan baru pengembangan skema nya bisa kita rangkum dari syarahnya yaitu fathul mu'in atau ada yang lebih mudah yaitu dengan membuat skema dari ringkasan kitab fathul mu'innya seperti dari kitab khulasoh al fiqh al islami 'ala madzhab imam syafi'i. 

kitab-kitab fan ilmu fiqih seperti Safinatunnaja,  Riyadul Badi'ah, Fathul Qorib itu lebih mudah dibuatkan mind mapping nya karena pembahasan fiqih jelas poin-poin nya. Mind mapping kitab kuning ini bisa per fasal, bisa juga per kitab (maksudnya kumpulan beberapa fasal), atau juga per bab, bahkan bisa per tema pembahasan misalnya yang dibahas bab thoharoh diambil dari beberapa kitab kuning yang biasa dikaji dipesantren sehingga bisa dijadikan analisis perbandingan antar kitab dengan tema yang sama. Hal ini membuat daya analisis para santri meningkat dan karena bentuknya skema, para santri dengan mudah melakukan perbandingan antar kitab dengan tema pembahasan yang sama.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mind mapping kitab kuning yaitu melatih santri memahami informasi penting yang disampaikan pengarang kitab, meningkatkan ketelitian para santri, meningkatkan kemampuan santri dalam memahami isi kitab, gambar, skema atau bagan yang dibuat juga meningkatkan kreatifitas para santri, Membantu menjelaskan tentang pengetahuan yang ia terima yang kemudian membuat pengetahuan itu mudah diingat dan masih banyak lagi manfaat dari mind mapping kitab kuning ini. Manfaat yang betul-betul kami rasakan dari pembuatan mind mapping kitab kuning ini adalah kita jadi 'dipaksa' harus banyak membaca syarah bahkan hasyiah dari matan kitab yang kita bahas. Semoga Metode Irfani dengan beragam kekhasannya bisa membantu meningkatkan literasi kitab kuning di Indonesia.


Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis , 24 Agustus 2022

1 komentar: