Training to be a great teacher


Training to be a Great Teacher

Penulis : Irfan Soleh

Salah satu tema Irfani Teacher Capacity Building (ITCB) hari ini, senin 6 Juni 2022, adalah terkait Human Capital Development (HCD) in Academic. Ada 8 Tahapan HCD in Academic menurut Munif Chatib yaitu Struktur, analisa jabatan, rekrutmen dan seleksi, legal dokumen, training, penilaian kinerja/rapor guru, jenjang kompetensi/karir dan kompemsasi. Tulisan ini ingin membahas terkait tahapan kelima yaitu training. Lebih spesifik lagi mengenai tema-tema pelatihan yang bisa mengantarkan guru menjadi great teacher yang menginspirasi, tema-tema pelatihan apa saja yang diperlukan?

Menurut Munif Chatib jenjang kompetensi guru ada empat tahap yaitu medium teacher, good teacher, excellent teacher dan great teacher. Medium teacher itu hanya mengatakan sesuatu, good teacher itu menjelaskan sesuatu, excellent teacher itu mendemonstrasikan sesuatu dan great teacher itu menginspirasi. Masing-masing tahapan memerlukan 10 tema training minimal bahkan ada yang mencapai 12 tema training. Masing-masing level dibagi antara paradigma dan pedagogik. Ada 3 form yang diperlukan yaitu form pelatihan guru, form problem guru dan form harapan atau ekspektasi guru.

Tema training pada Level medium teacher yaitu konsep sekolahnya manusia, konsep gurunya manusia dan konsep kurikulumnya manusia untuk paradigma. Kemudian untuk pedagogik tema-tema nya yaitu menyusun RPP kreatif, aplikasi alphazone dalam pembelajaran, aplikasi apersepsi dalam pembelajaran, aplikasi 20 strategi mengajar, pengelolaan manajemen kelas, penilaian otentik dan instrumen penilaian, dan basic english. Sedangkan tema untuk level good teacher yaitu konsep pembelajaran humanism dan konsep kecerdasan multiple intelligences untuk paradigma dan untuk pedagogik yaitu menyusun e-modul, aplikasi 40 strategi mengajar, menyusun soal HOTS, aplikasi pembelajaran e-learning, manajemen display kelas, penguasaan literasi digital, menulis artikel populer, meningkatkan public speaking, menumbuhkan kepemimpinan guru dan intermediate english.

Pada level excellent teacher paradigmanya adalah bagaimana menjadi guru kreatif dengan beberapa tema pelatihan pedagogik yaitu desain project based learning, penerapan  konsekwensi edukatif, optimalisasi sumber belajar media belajar alat peraga dalam pembelajaran baik online maupun offline, optimalisasi penggunaan internet dan media sosial dalam pembelajaran, desain pembelajaran literasi digital, menulis buku populer, membangun sinergi dengan orang tua, mendesain portopolio siswa dan advanced english. 

Sedangkan untuk level grear teacher paradigmanya adalah bagaimana menjadi guru yang menginspirasi dan tema pelatihan pedagogiknya yaitu menyusun pembelajaran abad 21, membangun mindset positive terhadap rekan kerja, menjadi multitasking teacher, positif thinking and self confidence, guru menjadi supervisor sebaya, guru menjadi mentor siswa, strategi pengelolaan prilaku siswa, menyusun konsekwensi edukatif dan menulis jurnal. Semua tema pelatihan diatas bisa menjadi kurikulum training untuk meningkatkan level guru sampai tingkat great teacher, guru hebat yang bisa menginspirasi, semoga...Amin...


Smpit Irfani Qbs , Smait Irfani Qbs 7 Juni 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar