HUNKWEE DRINK ; STORY BEHIND THE PRODUCT


" HUNKWEE DRINK ; STORY BEHIND THE PRODUCT "

Penulis : Irfan Soleh

Perusahaan keluarga kami yaitu AKS Gunung Wangi sudah sejak tahun 1980-an memproduksi Tepung Aren dan produk turunannya yaitu Tepung Hunkwee. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tepung hunkue berarti tepung kacang hijau atau panganan yang dibuat dari tepung kacang hijau. Namun Tepung Hunkwee yang kami maksud bukan dari tepung kacang hijau tapi dari tepung aren. Produk apa saja yang bisa dibuat dari Tepung Aren dan Tepung Hunkwee? Kenapa lahir hunkwee drink?
Tepung Aren merek AKS Gunung Wangi mempunyai beragam kemasan dari mulai Karungan dengan berat 50 kg, 25 kg hingga kemasan plastik dengan berat 1 kg. Produk yang sedikit berbeda adalah Tepung Hunkwee karena sudah ditambah pewarna makanan sehingga tersedia tepung dengan beragam warna dan kemasannya pun ada yang memakai kertas dan plastik. Banyak makanan traditional yang menggunakan tepung hunkwee seperti Onggol-onggol, Es Gabus, Puding, Kue Lapis, Nagasari dll.
Beberapa hari ini saya bersama istri berupaya membuat racikan minuman kekinian dengan beragam varian rasa. Pertanyaan pun muncul kira-kira apa yang membedakan minuman kekinian buatan kami dengan minuman kekinian yang sudah banyak beredar di pasaran. Akhirnya kami terfikir untuk mencoba  mencampurnya dengan olahan tepung hunkwee. Sehingga sekali mendayung tua tiga pulau terlampaui. Produk minuman kekinian dipadukan dengan olahan tepung hunkwee yang kami produksi sendiri mudah-mudahan menjadi diferensiasi atau faktor pembeda racikan minuman kekinian buatan kami.
Akhirnya kami menamai produk minuman kekinian yang diproduksi oleh Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis dengan nama HUNKWEE DRINK (HD). Alasannya agar terlihat ciri khasnya dan agar masyarakat semakin mengenal produk turunan yang bisa diciptakan dari tepung hunkwee. Ketika produk turunan tepung aren lebih banyak di makanan, semoga hasil sinergi dan kolaborasi tepung hunkwee dengan beragam varian rasa minuman bisa menambah khazanah ragam minuman kekinian hasil kreatifitas dan Inovasi santri Irfani, semoga...Amin...
Pesantren Raudhatul Irfan, Malam Jumat 13 Januari 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar