Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis, SMPIT - SMAIT Irfani Quranicpreneur Bilingual School

Diklat Supervisi Pembelajaran IPA Angkatan 10


"Diklat Supervisi Pembelajaran IPA Angkatan 10"

Penulis : Irfan Soleh 

Alhamdulillah Kepala Sekolah Smpit Irfani Qbs Pesantren Raudhatul Irfan Ciamis  terpilih untuk mengikuti Diklat Pembelajaran IPA yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Diklat ini diikuti oleh 40 peserta dari 3 Kabupaten (Cirebon, Kuningan, Ciamis) bertempat di Grand Cordela Hotel AS Putra Kuningan selama 5 hari. Apa latar belakang di adakannya diklat ini? Tujuannya apa? Apa Manfaat dari diklat ini apa? 

Berdasarkan buku Panduan Diklat yang dibagikan kepada semua peserta, Latar belakang diadakannya diklat ini adalah untuk mewujudkan amanat yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 11 ayat 1 menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi. Salah satu faktor penting untuk mewujudkan amanat tersebut adalah tersedianya Kepala Sekolah yang berkualitas

Dimensi kompetensi Kepala Sekolah ada lima bagian yaitu Kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial. Kepala Sekolah termasuk kategori supervisor dalam pendidikan sehingga sangat cocok peserta dari diklat ini adalah para kepala sekolah. Tujuan juga manfaat diklat ini adalah kepala sekolah diharapkan mampu melaksanakan supervisi pembelajaran IPA secara efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dan menciptakan tenaga pendidikan IPA yang profesional yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu lulusan mata pelajaran IPA 

Sumber data Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan menyebutkan bahwa nilai rata-rata terendah dari kompetensi kepala sekolah adalah kompetensi supervisi akademik. Latar belakang pendidikan kepala sekolah tidak seluruhnya jurusan IPA sehingga kepala sekolah perlu memahami tentang hakikat IPA dan karakteristik pembelajaran IPA agar bisa melaksanakan supervisi dengan efektif. Saya pribadi bukan dari jurusan IPA bahkan semenjak SMA (MAN) jurusannya IPS jadi agak kesulitan ketika awal diklat langsung dikasih pre-test soal-soal IPA. Namun berkat penjelasan Narasumber diklat ini jadi sedikit faham apa itu karakteristik pembelajaran IPA, Analisis Pembelajaran IPA dan Supervisi Pembelajaran IPA. Ketiga point tersebut akan saya buat resumenya pada catatan selanjutnya, insya Allah. 


Grand Cordela Hotel, 5 Oktober 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar