Apa Penyebab Siswa-Siswi Terkendala Menulis ?


" Apa Penyebab Siswa-Siswi Terkendala Menulis ? "

Penulis : Darsono Al Nuur, S.Ag., M.Pd.I

        Sebagian siswa atau anak memiliki pengendalian motorik yang kurang baik sehingga kerja fisik saat menulis terasa sukar baginya. Anak yang sangat visual sering lambat dalam membaca, dan hal itu juga yang menjadikan mereka terkendala dalam kegiatan menulis. Anak-anak yang memiliki masalah emosional sering tidak percaya diri bahkan takut untuk menulis karena mereka berfikir akan menimbulkan kemarahan dan kekecewaan mereka sedemikian besar dan tumpah-ruah sehingga harus disembunyikan, mereka para siswa-siswi yang punya  kendala tersebut tidak berani menuangkannya ke atas kertas.

        Kelemahan belajar akan menjadikan usaha awal anak dalam menulis akan sedemikian tidak menentu atau kacau dan tidak terbaca sehingga anak itu menjadi berkecil hati dan tidak ingin mencoba lagi untuk menulis mengekspresikan gagasan dan apa yang ingin diungkapkannya. Atau, mungkin siswa-siswi diajari menulis secara penuh permusuhan dan tekanan sehingga mereka sekarang membenci segala hal yang berkaitan dengan menulis. 

        Nah, langkah pertama yang hendaknya dilakukan oleh orang tua dan para guru dalam menghadapi dan membantu menyelesaikan masalah di atas adalah dengan menyelidiki mencari tahu apa sesungguhnya yang sedang terjadi pada diri siswa-siswi tersebut. 

        Hitunglah berapa banyak waktu yang dihabiskan siswa-siswi untuk membaca. Jika mereka sedikit sekali membaca, anggaplah itu merupakan inti dari banyak, atau semua, permasalahan/kendala anak dalam menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan. Pemecahan untuk masalah ini, tentunya, adalah membuat mereka membaca. Ketika anak-anak mulai keranjingan membaca, tulisan mereka biasanya meningkat secara dramatis.

#Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar