Interpersonal Intelligence


Interpersonal Intelligence

Penulis : Laeli ro'fatul Anisah

Setiap anak itu unik, Setiap anak mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda, Jika dahulu orang hanya mendefinisikan kecerdasan dalam hal kognitif saja, maka kali ini kita katakan tidak, zaman telah berubah begitu pula dengan  perkembangan dunia pendidikan. Dalam teori nya Howard Gardner seorang pakar kecerdasan asal Amerika mengatakan bahwa kecerdasan itu terbagi menjadi 8 tipe.

Salah satunya adalah kecerdasan bersosial atau interpersonal intellegence. Seorang anak yang mempunyai kecerdasan seperti ini akan lebih mudah untuk bergaul, ia akan lebih mudah berempati dengan keadaan orang lain juga lebih bisa menempatkan dirinya dengan berbagai kondisi. Jadi intinya kecerdasan sosial itu adalah kemampuan untuk memahami emosi dan prilaku orang lain selain itu seorang anak dengan kecerdasan seperti ini juga bisa berkomunikasi dengan efektif. 

Sebagai seorang guru ataupun orang tua patut kiranya kita mengetahui ciri- ciri anak yang mempunyai kecerdasan sosial dan juga cara untuk melejitkannya. Berikut ciri - ciri dari kecerdasan sosial; 1) peka terhadap perasaan  orang lain, 2) pendengar yang baik, 3) piawai berkomunikasi, 4) cocok bekerja dalam kelompok, 5) solidaritas tinggi.

Cara melejitkan kecerdasan interpersonal diantaranya dengan :

1.Mempertajam empati ; Untuk mengasah skill ini bisa dimulai dengan hal hal kecil misalnya membantu temannya yang terjatuh, berbagi makanan, menghibur temannya yang bersedih dll.

2 Tanamkan kebiasaan yang baik ketika berkomunikasi dengan orang lain, ingatlah 4 kata kunci " tolong , maaf, Terima kasih dan permisi ".


Demikian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar