Liburan, Baca dan Keliling Dunia

                                     


                                        Liburan, Baca dan Keliling Dunia

Penulis : Dr. H. Irfan Soleh, S.Th.I., MBA.

        Liburan baru 2 hari, kira-kira para santri liburannya kemana aja ya? Kalau aby Alhamdulillah sudah keliling ke beberapa negara, percaya gak? Pantengin terus ceritanya ya........
        Pertama aby ke Inggris berkenalan dengan Sir Francis Galton seorang psikolog yang mulai membuat tes kecerdasan kemudian ke Prancis berkenalan dengan Alfred Binet . Dari Prancis kita langsung terbang ke Jerman karena Riset Binet menjadi pijakan William Stern memperkenalkan istilah Intelligence Quotient (IQ).
        Dari Jerman, lanjut ke Swiss berkenalan dengan Jean Piaget yang terkenal dengan konsep Developmental Perspective nya, pada masa ini dikenal dengan istilah cognitive revolution. Dari Swiss, lanjut ke Amerika karena disana ada Avram Noam Chomsky yang melahirkan teori Universal Mental Representation. Chomsky dijuluki The Father of Modern Linguistik.
Teori Piaget dan Chomsky tentang perkembangan anak kemudian menjadi landasan bagi para peneliti untuk melanjutkan hasil kerja mereka. Muncullah Howard Gardner, pakar dari harvard school of education, menerbitkan buku Frames of mind; The Theory of Multiple Intelligences. Dari buku tersebut terkenal lah konsep Multiple Intelligence.
        Gardner mengatakan bahwa kecerdasan tak didominasi oleh satu elemen kemampuan kerja otak saja melainkan oleh banyak hal. Ada 7 kecerdasan yang dimasukan Gardner kedalam Multiple Intelligence yaitu Linguistik, logical mathematic, Music, Bodily-Kinesthetic, spatial, Interpersonal, dan intrapersonal Intelligence. Selain 7 kecerdasan diatas, Gardner juga merumuskan 3 kecerdasan pada taraf advance yaitu naturalist, existencial dan spiritual intelligence.
        Pengembangan dari teori Multiple Intelligence muncullah Ellen Galinsky dengan 7 life skills essentials 7 skill utama yang harus dimiliki seseorang untuk sukses dalam hidupnya yaitu focus and self control, perspective taking, communicating, making connections, critical thinking, taking on challenges, dan self-directed, engage learning.
Suka
Komentari
Bagikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar